Sunday 2 September 2018

Film horror vs horror dalam hidup

Film horor vs horor dalam hidup.

Gw suka film thriller, slash, horror.. damn I love it af! Mau yang edisi kayak gimana deh sebutin aja.. semua scene yang paling parah pun, justru bikin gw legaan setelah nontonnya..

Tapi, ada satu scene di mana ada makhluk disebut pocong, atau adegan nurunin jenazah ke liang kubur itu muncul di suatu film, naaaahhhh.. biasanya gw nutup mata.. atau memalingkan wajah gw ke sebelah gw, terlepas yang di kanan atau kiri gw kadang bikin hidup gw lebih horror atau lucuk..

Takutkah gw liat pocong atau adegan nurunin jenazah terkafani ke liang kubur dalam film itu? No. Tepatnya, denial.

Gw adalah orang yang pada masanya, menolak ingat bahwa kematian itu bagian dari kehidupan.
Gw menolak ingat bahwa semua yang hidup akan mati.
Gw menolak ingat bahwa semua akan terkalang tanah.
Gw menolak ingat bahwa semua akan berpulang. Kembali pada penciptaNya.
Gw menolak ingat dan bahkan ingkar bahwa yang gw sayangi pun juga berpulang, kembali.
Saking nolak ingatnya, terakhir nyokab gw ke rumah bulan Januari lalu bilang “Nanti kalau orangtua dipanggil Tuhan gimana?” sambil senyum.. dan gw masih bisa ngomong (antara becanda tapi sebenernya mengingkari sesuatu tapi entahlah otak gw gak mau mikir saat itu), “Gak mau! Gak boleh! Kita suntik serum vampir aja kita ke Transilvania.. aku pengennya mama di atas 100 tahun lah..” 
Nyokab gw nyamber lagi, “Heh aku gak mau kiwir-kiwir jompo ah..” kemudian lanjut ngobrol seru lagi.

Kemudian hingga pada suatu malam dua bulan setelah candaan itu dengan nyokab, gw tau (dan malam itu masih berusaha ingkar) kalau gw gak bakal bisa becanda lagi sama nyokab. Gak bakal bisa samber-samberan dalam canda gila-gilaan dengan suara macam petir kolaborasi gledek bin halilintar.. Selamanya. 

Hari demi hari gw jalani dengan rasa antara mau nabok mulut gw sendiri, noyor jidat gw sendiri, nyolok mata gw sendiri, coba terima kalau yang terjadi itu nyata adanya. Mutlak adanya. 

Gak mudah melupakan kejadian malam itu, gak mudah menghilangkan rasa sedihnya gw, harta gw yang paling berharga di dunia, orang tua gw, nyokab gw, berpulang. 

Seiring dengan waktu, banyak ngobrol, banyak ketemu orang yang pastinya juga sudah merasakan dan tau apa yang namanya kehilangan, termasuk kemelekatan (yang mana harusnya di situ ga perlu ada rasa kehilangan), banyak baca, banyak dengar, banyak merenungi, meresapi dan masih banyak yang gw saring-telen, coba cari hikmahnya, makin ke sini makin coba menerima. Kematian itu mutlak. Iya semua orang juga tau itu. Tapi gw ya baru tau (baca: terima kenyataan) sekarang. Sekarang, saat gw ingat, nyokab gw, di hadapan gw, terkafani. Kehilangan orang yang paling gw sayangi, itu adalah terhorrrrorrr dalam hidup gw. Ini bukan film. Sesuatu yang nyata, yang saat dulu scene begini di film pun selalu gw hindari untuk gw lihat. 

Kepergian nyokab, terlepas dari segala rasa yang hilang seperti tembok berlubang yang ga bakal bisa disemen dengan berlianpun, gw cari dan cari terus hikmahnya. Mungkin, bikin gw lebih dan makin ingat itu nyata - yang kita gak bisa tolak, bikin gw makin inget semua kehendak Allah atas segala yang terjadi, bikin gw paham kejadian lain yang jika terjadi pun membuat gw inget lagi ke inti, semua terjadi atas kehendak Allah, dan semua kehidupan itu ujungnya, akhirnya, adalah kematian. Bikin gw mikir, banyak bertanya ke diri sendiri.. 
Umur gw sampai berapa? 
Masihkah banyak kesempatan berbuat baik? 
Sudah berapa banyak dosa yang diperbuat, dan yang sudah kita sadari untuk gak dilakukan lagi? 
Sudahkah gw cukup bertobat? 
Sudah seberapa banyak kah tabungan untuk “akhir”? 
Ah makin banyak pertanyaan.. walau beberapa jawaban dan wejangan temen2 selalu ada.. dan selalu jadi pengingat dalam upaya do’a-ikhtiar-pasrah-repeat.

“Kematian adalah pengingat yang sempurna. Tidak berbentuk, tidak berwujud, tidak berbau, tidak berbunyi. Cukup ingat kata itu aja untuk nabung kebaikan.” (Gw lupa kata ustadz siapa aja🤦🏻‍♀️)

Seorang teman, Rindu Istiqomah dalam bukunya ''Perempuan Pencari Tuhan'' edisi 3, juga menuangkan bahwa orang yang cerdas adalah orang yang mengingat kematian. 
Dia tulis begini, “Jika malam nanti malaikat Izrail datang mengetuk pintu kehidupan saya, dalam rangka menjalankan perintah Allah untuk membawa saya pulang, kira-kira apa yang akan saya katakan pada malaikat? Meminta diundur waktu? Karena saya belum sempat meminta maaf kepada orang-orang yang pernah saya lukai. Atau meminta malaikat untuk membatalkan perintah Allah, padahal saya tahu persis makhluk yang paling amanah dalam menjalankan perintah Allah adalah malaikat. Tidak bisa saya sogok dengan sebanyak apa pun harta yang saya miliki....”

Abis baca bagian itu, gw mikir, ada hal yang gak bisa ditawar.. bukan macam jual-beli di pasar pastinya.. gak bisa diundur tar sok tar sok tar dulu lah gw masih belum siap ini itu anuh bla blabla and the bre and the bra and the bro.. dan tanya lagi ke diri sendiri, “Gw masih totally blo’on atau udah semi cerdas nih ya urusan beginian (mati)? Atau masih zero? Bodong? Kopong? Melompong?”

Yak jadi mikir terus.. bebas kan ya.. selama mikir masih gratis.. Lagian baru awal perjalanan gw.. perjalanan yang gw sendiri pun belum tau perjalanan macam gimana, yang tiap mau tidur, dan saat bangun, bikin gw mikir, saldo tabungan gw buat “akhir” udah seberapa ya? Kalo di-convert dah berapa digit? Ya keleuz.. Mana gak bisa di-cek pula di m-banking, apalagi print buku tabungan.. cukup ingat aja, kematian adalah mutlak.

Mudah nerimanya? Auto cerdas? Ntar dulu. Masih jauuuuh dari sempurna.. Tapi, dengan menerima dulu yang terjadi, bahwa, again, kematian itu mutlak, gw usaha ikhtiar dulu buat nambah saldo tabungan kebaikan dan ibadah gw.. gimana bentuknya? Time will tell.. cukup fokus ama diri sendiri dulu.. abaikan makhluk horror lain yang kadang lewat dalam kehidupan.. tulisan ini masih berlanjut seiring dengan.. apapun itu.. 
Yang jelas, sekarang gw dah gak takut atau hindari pocong dalam film.. get real.. dah berani kok gw sekarang.. karena yang terhoror dalam hidup gw yaitu kehilangan orang yang paling gw sayangi, udah pernah terjadi.. 
Kalau ada film yang isinya pocong semua atau hantu blau paling blau terblau the most blauest, kasitau gw lah..
Am so getting real right now.

Happy Sunday.


#soulfood #foodforsoul

No comments:

Post a Comment